HomeDaerahKonsumsi Ikan Diprediksi Meningkat dengan Holding BUMN Sektor Pangan

Konsumsi Ikan Diprediksi Meningkat dengan Holding BUMN Sektor Pangan

Channel Batam, JAKARTA — Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Muhamad Yusuf optimistis rencana holding BUMN industri pangan akan berdampak positif bagi sektor perikanan.

Bahkan, dia memprediksi rencana tersebut bisa meningkatkan konsumsi ikan nasional jika dua BUMN yang bergerak dibidang perikanan, Perum Perindo dan Perinus digabungkan.

“Melalui penggabungan ini, BUMN memiliki modal besar guna menyerap seluruh hasil tangkapan nelayan,” kata Yusuf di Jakarta, Jumat (13/11).

Saat mengisi FGD konsolidasi BUMN Pangan di Hotel Ritz Carlton, Kamis kemarin, Yusuf menyebut serapan tangkapan nelayan oleh holding BUMN pangan bisa dikirim ke Jakarta dan kota lain.

Baca: KPU Karimun Masih Menunggu 350 Ribu Keping Surat Suara

Alhasil, ketersediaan ikan di pasar melimpah dan menimbulkan efek ganda yaitu harga ikan di pasar menjadi murah dan kemampuan masyarakat membeli ikan melonjak.

“Dengan begitu, konsumsi ikan nasional menjadi meningkat. Apalagi kampanye Gemar Makan Ikan kembali digaungkan. Budaya makan ikan akan terdongkrak,” sambungnya.

Yusuf mengungkapkan, sektor pangan Indonesia mengalami peningkatan posisi pada Global Food Security Index. Hal ini menunjukkan adanya perbaikan ketahanan pangan nasional.

Salah satu kontribusinya adalah pada peningkatan konsumsi pangan berbahan ikan yang diproyeksikan akan tumbuh hampir 2 kg per kapita dari 39,0 kg per kapita menjadi 40,9 kg per kapita.

spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait