HomeMetroMuhadjir Ungkap Aturan Ibadah Natal PPKM Level 3 Disesuaikan Kondisi Daerah

Muhadjir Ungkap Aturan Ibadah Natal PPKM Level 3 Disesuaikan Kondisi Daerah

Channel Batam, JAKARTA – Pemerintah resmi memberlakukan PPKM level 3 selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan aturan turunan seperti pelaksanaan ibadah Natal akan disesuaikan dengan kondisi kasus Corona di masing-masing daerah.

“Selama libur Nataru itu ketentuan diberlakukan sebagaimana yang diberlakukan untuk level 3. Jadi mohon paham, jadi bukan berarti seluruh Indonesia dinyatakan level 3, bukan. Kalau leveling tetap sesuai kondisi dan indikator level di masing-masing daerah. Hanya selama libur Nataru diberlakukan ketentuan-ketentuan yang berlaku pada PPKM level 3 secara nasional,” ujar Muhadjir dalam konferensi pers di Grha Oikoumene, Jakarta Pusat, Selasa (30/11/2021).

Muhadjir mengatakan pengaturan sejumlah acara saat Nataru akan diatur sendiri. Dia mengatakan aturan ibadah Natal akan disesuaikan dengan kondisi dareah.

“Kemudian ada tambahan yaitu mengatur event-event khusus yaitu sesuai dengan Nataru sendiri, termasuk kegiatan ibadah, pesta-pesta Tahun Baru dan sebagainya. Dan itu nanti akan ada aturan sendiri,” jelas Muhadjir.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Umum PGI Jackylvyn Manuputty menyebut umat Kristiani siap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan Ibadah Natal. Mereka siap melaksanakan aturan yang nantinya berlaku tergantung kondisi Corona di daerah masing-masing.

“Sebagaimana sebelumnya kalau level 3 kita beribadah itu kapasitas 25% atau 35% dari kuota yang biasa ditampung di gereja. Tentunya dengan standar atau komponen prokes lainnya yang harus diterapkan,” jelas Jackylvyn.

Jackylvyn mengatakan bahwa Gereja setempat akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 selama pelaksanaan Natal. Dia juga mengimbau jemaat untuk melaksanakan protokol kesehatan saat perayaan Natal mendatang.

“Serta terus menerus memberikan literasi terkait perkembangan pandemi situasi di sekitarnya dan bagaimana kita beradaptasi di dalam situasi pandemi itu. Satu hal pasti adalah secara iman umat Kristen memelihara kehidupan adalah panggilan iman,” ungkapnya. [joe]

spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait