Menang 7-0 Lawan Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Channelbatam- Menang dari Nepal 7-0, Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023. Usai mengalahkan Nepal pada pertandingan pemungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/06), kemenangan Timnas Indonesia atas Nepal tidak hanya mengantar Skuad Garuda lolos ke Piala Asia melainkan juga berdampak baik di ranking FIFA.

Dengan lolos ke Piala Asia, peluang Timnas Indonesia untuk terus menambah poin juga bakal terbuka. Pasalnya Piala Asia masuk dalam kalender resmi FIFA. Kondisi tersebut membuat Witan Sulaeman dan kawan-kawan bisa meraup banyak poin andai memetik hasil bagus di putaran final Piala Asia. Indonesia sendiri terakhir kali tampil di Piala Asia pada edisi 2007. Saat itu Indonesia bertindak sebagai salah satu tuan rumah.

Elkan Baggott menjadi penyumbang gol kelima untuk Indonesia pada menit ke-80. Berawal dari umpan Witan Sulaeman dari sisi kanan, Baggott yang berdiri bebas di luar kotak penalti Nepal langsung melepaskan tendangan dengan kaki kiri. Baggott kemudian sempat melihat ke arah gawang lawan terlebih dahulu baru melepaskan tembakan akurat ke sudut kanan gawang Nepal. Selain Baggott, gol Indonesia lainnya dicetak oleh Dimas Drajad (6′), Fachruddin Aryanto (54′), Saddil Ramdani (55′), Marselino Ferdinan (90′), dan dua gol Witan Sulaeman (43′ dan 81′).