HomeHealthyYuk, Simak Manfaat Buah Naga Putih Untuk Kesehatan

Yuk, Simak Manfaat Buah Naga Putih Untuk Kesehatan

Channelbatam- Buah naga putih adalah buah tropis yang dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Tampilannya yang unik dan nutrisinya yang kaya telah membuatnya populer di kalangan pecinta kuliner dan yang sadar akan kesehatan.

Dikutip dari laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat buah naga putih untuk kesehatan:

1. Rendah Kalori, Tinggi Nutrisi

Buah naga putih rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Mengonsumsinya dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi penting di dalam buah ini:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat
  • Zat besi
  • Magnesium.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E

Selain berbagai nutrisi penting tersebut, buah ini juga memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

2Dapat Membantu Melawan Penyakit Kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga putih.

Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Pola makan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

3. Menunjang Kesehatan Usus

Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Keseimbangan dalam usus sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Karena buah naga putih mengandung prebiotik, buah ini berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Seperti semua serat, usus tidak dapat memecahnya. Namun, bakteri di usus bisa mencernanya. Mereka menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan. Secara khusus, buah naga putih mendorong pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, yaitu bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Ini karena prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik, yang dapat mengalahkan bakteri jahat.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitas pola makan sehari-hari.

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih dalam sistem kekebalan dapat menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya. Jadi, sistem kekebalan tubuh pun lebih kuat.

5. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Buah naga putih adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Mineral ini memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi energi.

Untuk memerangi kadar zat besi yang rendah, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya zat besi. Sumber yang kaya zat besi termasuk daging, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sereal.

Buah naga putih bisa menjadi pilihan bagus lainnya, karena dalam satu porsinya mengandung 8 persen zat besi dari asupan harian yang direkomendasikan. Ini juga mengandung vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi.

spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait