HomeHealthyKenali 5 Tanda Jantung Tidak Sehat

Kenali 5 Tanda Jantung Tidak Sehat

Channelbatam- Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital. Gangguan yang terjadi pada jantung dapat memicu sejumlah penyakit bahkan kematian. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan jantung agar kondisi kesehatan selalu dalam kondisi yang optimal.

Berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan tidur menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, diperlukan juga untuk mengetahui berbagai gejala yang jarang disadari sebagai tanda jantung tidak sehat. Dikutip dari halodoc, berikut ulasannya!

Waspada Gejala Jantung Tidak Sehat

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jantung juga organ utama dalam sistem peredaran darah yang berfungsi mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung serta menjaga tekanan darah.

Begitu penting fungsi jantung membuat kamu perlu menjaga kesehatannya. Namun, sebagian besar gangguan pada jantung jarang menyebabkan keluhan di awal perkembangan.

Kebanyakan gejala gangguan jantung akan dialami saat kondisi sudah cukup parah. Nah, tanda jantung tidak sehat itu tidak harus selalu nyeri pada dada, sebaiknya ketahui juga  tanda-tanda lain yang menjadi gejala jantung tidak sehat berikut ini:

  1. Mudah Kelelahan

Kelelahan sangat wajar dialami jika kamu melakukan berbagai aktivitas, seperti olahraga. Namun, jika kamu sering merasa lelah atau lemas tanpa melakukan aktivitas berat, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan jantung pada dokter untuk memastikan kondisinya.

Kamu juga tidak boleh mengabaikan perubahan kesehatan setelah melakukan kegiatan yang biasa dilakukan. Seperti misalnya kamu terbiasa menaiki anak tangga di rumah, tetapi kini kamu terasa lelah atau berat melakukan kegiatan tersebut. Pada kondisi ini, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan jantung.

  1. Mendengkur

Cobalah minta pasanganmu untuk memerhatikan kondisimu saat sedang tertidur. Jika kamu terdengar sesekali mendengkur dengan suara yang kecil, hal ini masih terbilang wajar. Namun, jika kamu mendengkur sangat keras disertai dengan kondisi tersedak setelahnya, bisa saja kamu mengalami kondisi sleep apnea.

Sleep apnea yang tidak diatasi dapat menyebabkan gangguan pada jantung yang bisa memicu gangguan kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan agar gangguan tidur yang kamu alami bisa diatasi dengan baik.

  1. Detak Jantung yang Tidak Teratur

Saat kamu terkejut atau melakukan aktivitas berat, tentunya kondisi ini bisa memicu detak jantung yang tidak teratur. Namun, jika kamu tidak melakukan apapun dan detak jantung tidak teratur selama beberapa saat dalam frekuensi yang cukup sering, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan.

  1. Sering Pusing Tiba-Tiba

Saat kurang makan atau berdiri terlalu cepat, kamu bisa saja menjadi pusing untuk sesaat. Namun, jika kamu merasa pusing secara tiba-tiba disertai dengan rasa tidak nyaman dan dada yang sesak, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatanmu.

Hal ini bisa terjadi akibat penurunan tekanan darah. Kondisi ini menandakan jantung tidak mampu untuk memompa darah secara normal.

  1. Batuk yang Memburuk saat Malam Hari

Jangan abaikan batuk yang semakin memburuk saat malam hari. Hal ini bisa disebabkan akibat gagal jantung. Kondisi gagal jantung membuat cairan menumpuk pada paru-paru sehingga meningkatkan frekuensi batuk khususnya saat berbaring.

spot_img

Populer

News Update

Berita Terkait